tips dan trik mengkomsusi makanan saat puasa

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan selama berpuasa, sebaiknya saat sahur, orang yang berpuasa mengonsumsi makanan sebanyak 30 – 40 kal/kilogram berat badan. Jika Anda memiliki berat badan 50 kg, artinya paling tidak Anda mengonsumsi 1500 – 2000 kal.

Pilihan makanan pun harus diperhatikan. Ada beberapa makanan yang patut dihindari. Apa saja?
read
– Makanan atau minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5 – 20 persen, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu. Orang yang biasa minum kopi sebaiknya sudah mulai puasa minum kopi jauh sebelum hari puasa. Pasalnya kopi memiliki efek candu yang menyebabkan adanya perubahan pada kondisi tubuh.

– Makanan yang mengandung gas, seperti makanan berlemak, sayuran tertentu seperti sawi dan kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan, dan minuman bersoda.

– Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti makanan berlemak, kue tart, dan keju. yang merangsang.

– Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. Selain itu, ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari penderita sakit mag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, tales serta dodol.

– Sebaiknya berbuka puasa dengan jenis minuman manis. Minuman manis sangat mudah dicerna. Dua jam saja, prosesnya sudah selesai. Selain itu juga membuat segar.

About uwongdeso
MARI KITA BELAJAR BERSAMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s